Membaca Ekspansi Bahasa Banjar di Wikipedia | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 15 Januari 2019

Membaca Ekspansi Bahasa Banjar di Wikipedia

BERITABANJARMASIN.COM - Wikipedia dikenal sebagai situs web yang berisi bermacam-macam artikel dalam bentuk ensiklopedia online dan bisa disunting siapa saja menggunakan jaringan internet.

BeritaBanjarmasin.com, kali ini mencoba menelusuri jejak Wikipedia dalam beberapa bahasa di dunia. Setelah terbit dalam Bahasa Jawa dan beberapa bahasa lokal lainnya, ternyata ensiklopedia daring yang diinisiasi oleh Jimmy Wales ini juga hadir dalam Bahasa Banjar, yang merupakan bahasa yang paling dominan digunakan di Kalimantan Selatan.


Lalu sejak kapan Wikipedia berbahasa Banjar ini ada? Kami berusaha melacak, dan akhirnya menemukan data, bahwa sejak 17 Oktober 2010 lalu, Wikipedia versi Bahasa Banjar dirilis oleh Bahasa Komunitas Wikimedia. Sebelum diresmikan ensiklopedia versi Bahasa Banjar ini memiliki sejarahnya tersendiri.


Menurut beberapa sumber kredibel yang kami rangkum, Wikipedia versi Bahasa Banjar ini berawal dari seorang bernama Zajuli Rahman yang mengalih bahasakan sebuah halaman ke dalam Bahasa Banjar dan diikuti oleh beberapa pengguna yang lain.


Berawal dari kampanye Arief Rahman yang saat itu ingin Wikipedia Bahasa Banjar dapat dirilis, sampai pada akhirnya Komite Bahasa Yayasan Wikimedia menyatakan proyek dalam bentuk Wikipedia Bahasa Banjar diterima, yang dinyatakan pada tanggal 25 September 2010.


Hingga saat ini tercatat ada 1.946 tulisan di muat. Dalam halaman utama Wikipedia Versi Bahasa Banjar ini terdapat empat kategori utama yaitu tulisan pilihan, gambar pilihan, kejadian wayah ini, dan modul partisipasi

Dalam halamannya tebagi menjadi beberapa artikel utama seperti saraba banjar, nagara, bahasa, agama, bumi, satua, dunia ilmu, pamakanan, melumbar urat yang dapat dibaca dalam Bahasa Banua, Sebagai bahasa daerah Kalimantan Selatan.


Saat kami mencoba mengulik Wikipedia Bahasa Banjar ini, cukup menarik. Mengingat perlu pembiasaan saat membaca artikel yang formal, dialih bahasakan ke Bahasa Banjar, yang notabenenya adalah percakapan sehari-hari.


Ada beberapa kata, bahkan terkesan masih terasa asing. Terutama bagi pembaca kelahiran di atas tahun 2000. Namun ini cukup menarik, karena bisa dikategorikan sebagai upaya melestarikan Bahasa Banjar. Termasuk pula upaya menjaga budaya keberaksaraan warga Kalimantan Selatan.


Wikipedia Bahasa Banjar ini bisa dikunjungi di link http://bjn.wikipedia.org/ dan alamat web http://bjn.m.wikipedia.org/. Melansir dari situs tersebut Wikipedia ini tersedia secara gratis oleh Wikipedia Foundation, sebuah organisasi yang juga melakukan sejumlah proyek multibahasa lainnya. (maya/sip) 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner